Warga yang Tidak Terdaftar BPJS Tetap Dapat Vaksin Gratis

Bonus harian di Keluaran SGP 2020 – 2021.

JURU  Bicara Program Vaksinasi Siti Nadia Tarmizi memastikan, masyarakat dengan bukan keanggotaan aktif BPJS Kesehatan akan mendapatkan vaksin covid-19 dengan gratis. Pemerintah memastikan vaksinasi dimulai pada Januari 2021.

“Pemberian vaksin tidak melihat (terdaftar) BPJS atau tak. Seluruh rakyat Indonesia yang memenuhi kriteria (berhak), ” ungkap Siti kepada Media Nusantara , Kamis (17/12).

Meski vaksin covid-19 Sinovac sudah tersedia, namun total dosis masih jauh dari dengan dibutuhkan negara. Oleh karenanya, untuk tahap awal vaksinasi, mereka yan masuk dalan prioritas penerima bahan mendapatkan vaksin tersebut.

Prioritas penerima vaksin pertama ialah tenaga medis. ikatan masyarakat dengan risiko kematian ataupun penyakit yang berat (komorbid). Berserakan TNI-Polri, kelompok risiko tinggi laksana kelompok pekerja, termasuk di dalamnya para pedagang pasar, pelayan gardu, atau pramuniaga.

Kelompok terakhir adalah para-para pejabat pemerintah yang terlibat di dalam pemberian pelayanan publik. “Intinya cocok sasaran penerima vaksin covid-19, ” kata Siti.

Dihubungi secara terpisah, Besar Humas BPJS Kesehatan, M Iqbal Anas Ma’ruf juga menuturkan, penerima vaksin sudah dijelaskan sesuai perintah presiden Joko Widodo yang menguatkan, tidak ada alasan bagi klub untuk tidak mendapatkan vaksin.

“Pernyataan presiden sudah jelas dan terang benderang. Pemerintah yang menjamin vaksin Covid-19 ini, ” pungkas Iqbal.  

Diketahui, pemerintah menggunakan big data ataupun data raksasa yang dimiliki oleh BPJS Kesehatan dalam mengelola program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Segar (JKN-KIS). BPJS Kesehatan mengelola bertambah dari 223 juta data pengikut JKN-KIS yang berisikan nama penuh, NIK, alamat, bahkan lengkap dengan pekerjaan hingga riwayat penyakit pengikut.

Big data BPJS Kesehatan tersebut yang akan dimanfaatkan oleh pemerintah untuk menargetkan bahan program vaksinasi Covid-19 bagi umum. (Ins/OL-09)