Universal

Dapatkan promo member baru Pengeluaran SDY 2020 – 2021.

PARA pemimpin dan peserta negara-negara ASEAN telah menunaikan ASEAN Leaders Meeting (ALM) di Sekretariat ASEAN, Jakarta, pada Sabtu (24/4).

Pertemuan yang dipimpin oleh Sultan Brunei Darussalam, Sultan Hassanal Bolkiah Mu’izzaddin Waddaulah tersebut diselenggarakan salah satunya untuk mengatasi masalah krisis Myanmar yang menjadi kepentingan bersama-sama bagi semua negara bagian ASEAN.

Hassanal Bolkiah mengatakan, sebagai keluarga, ASEAN memberikan keprihatinan mendalam atas status di negara tersebut, tercatat laporan kematian dan eskalasi kekerasan serta telah bertukar pikiran secara mendalam tentang jalan terkini di Myanmar. Hasil dari diskusi dalam pertemuan ini, ASEAN kemudian mengabulkan lima poin konsensus bertugas mengakhiri krisis Myanmar.

Baca juga: Meutya Hafid Bawa Pertemuan Pemimpin Asean Bahas Myanmar

“Kami mengakui positif ASEAN dan peran konstruktif dalam memfasilitasi solusi nyaman untuk kepentingan rakyat Myanmar dan mata pencaharian itu, dan karena itu mengabulkan Lima Poin Konsensus, ” kata Ketua ASEAN Leaders Meeting itu dalam penjelasan tertulisnya, Sabtu (24/4).

Adapun Lima Poin Konsensus menerjang situasi di Myanmar yakni, pertama, kekerasan harus lekas dihentikan di Myanmar & semua pihak harus membekukan diri sepenuhnya. Kedua, dialog konstruktif di antara seluruh pihak terkait mulai memeriksa solusi damai untuk perhatian rakyat.

Ketiga, utusan istimewa Ketua ASEAN akan menyediakan mediasi proses dialog, dengan bantuan Sekretaris Jenderal ASEAN. Keempat, ASEAN akan menyampaikan bantuan kemanusiaan melalui AHA Centre. Dan kelima, utusan khusus dan delegasi mau mengunjungi Myanmar untuk bertemu dengan semua pihak terkait.

“Kami juga mendengar teriakan untuk pembebasan semua tangsi politik termasuk orang aneh, ” imbuhnya. (OL-4)