Santiago Giraldo Putuskan Pensiun dari Tenis Profesional

PETENIS kolombia Santiago Giraldo mengumumkan pengunduran dirinya dari tenis profesional pada Selasa (6/10) waktu setempat.

Dalam konferensi pers yang digelar di Bogota, Kolombia, pria asal Pereira itu mengatakan tidak menutup kemungkinan dirinya akan menjadi pelatih.

“Saya mulai bermain tenis pada usia 15 tahun dan sekarang hampir 33 tahun, ” ucap Giraldo.

“Saya telah memutuskan untuk berhenti sepenuhnya di akhir penjelajahan ini dan mengucapkan terima berkelakar atas segalanya. Saya telah melakukan yang terbaik yang saya bisa, ” imbuhnya.

Giraldo mencapai peringkat sempurna dalam karirnya saat menduduki posisi 28 di ATP Rankings di september 2014. Sepanjang karirnya, ia telah memenangkan 168 pertandingan tingkat tur.

Kemenangan terbesar Giraldo saat mengalahkan petenis Andy Murray di Madrid Terbuka 2014 dan mengalahkan Marin Cilic di Jenewa pada 2015 lalu.

Baca juga:   Disingkirkan Petenis Muda Italia, Zverev Batal ke Perempat Final

Sebelum memutuskan mundur dari dunia Tenis, Giraldo sempat tidak melakukan pertandingan panjang antara September 2018 sampai Maret 2019.

“Saya ingin pensiun seperti ini, sebagai petenis nomor dua pada Kolombia, bermain bagus, dan kompetitif. Keputusan ini memberi saya sakinah pikiran karena telah mempertimbangkan dengan matang, saya sangat bersyukur sudah belajar banyak dari tenis, ” tuturnya.

Petenis yang sempat kembali berciuman pada April 2019, menyelesaikan fragmen kedua di Houston setelah lolos dari kualifikasi, acara lapangan tanah liat Amerika itu menjadi perlombaan terakhirnya.

“Saya ingin berterima kasih pada tenis karena telah memberi kami kehidupan yang menakjubkan dan membikin perjalanan saya, ” sebutnya.

“Saya meminta dalam beberapa tahun ke pendahuluan, saya akan mampu menjadi pembimbing, beberapa petenis juga telah menodong saya untuk bekerja dengan itu sebagai pelatih, tapi saya menikmati itu akan terjadi nanti. Aku masih ingin menikmati masa purna bakti saya, ” tukasnya. (Atptour/OL-5)