Polres Cianjur Intensifkan Rakor Kekangan Mudik Lebaran

Dapatkan promo member baru Pengeluaran SGP 2020 – 2021.

KEPOLISIAN Resor Cianjur, Jawa Barat, segera menggelar rapat koordinasi mengikat kebijakan larangan mudik di Idul Fitri 1442 Hijriyah. Rapat koordinasi akan membawabawa unsur forum komunikasi arahan daerah (Forkopimda) menyangkut teknis larangannya.

“Kami nanti bakal berkoordinasi dengan Forkopimda. Rencananya rapat koordinasi akan dilaksanakan pada Senin. Nanti mau kami sampaikan tentang langkah-langkahnya, ” kata Kapolres Cianjur Ajun Komisaris Besar Mochammad Rifai dihubungi Media Nusantara melalui aplikasi perpesanan WhatsApp, Sabtu (17/4).

Sebelumnya, Plt Bupati Cianjur Herman Suherman, mengaku telah membahas intensif kebijakan mudik Lebaran dengan semua unsur Forkopimda. Hasilnya disepakati bahwa masyarakat dilarang mudik saat libur Lebaran nanti.

“Hasil rapat, Cianjur mendukung pemerintah pusat serta provinsi tentang pelarangan mudik. Kami khawatir di era kondisi penyebaran covid-19 saat ini sudah mulai terkendali, tapi nanti setelah itu mudik, jadi bermasalah lagi, ” tegas Herman pada Media Indonesia, belum periode ini.

Agar informasi kekangan mudik yang menjadi tradisi masyarakat setiap kali Lebaran bisa tersosialisasikan, kata Herman, Pemkab Cianjur dan bagian Forkopimda akan menyebar surat edaran hingga ke semua wilayah. Teknisnya, setiap kegiatan Jumat keliling (Jumling) tulisan edaran itu akan disampaikan ke masyarakat di di setiap masjid melalui pihak kecamatan.

“Sementara ini bagi bangsa yang hendak mudik, tersedia baiknya menahan dulu diri tidak bepergian. Ini buat kebaikan kita semua jadi upaya mencegah dan mengarahkan penyebaran covid-19, ” ucapnya.

Larangan mudik juga asi bagi kalangan aparatur sipil negara (ASN). Menurut Herman, bentuk sanksi yang akan diterapkan bagi ASN dengan tidak disiplin akan disesuaikan dengan tingkat pelanggarannya. (OL-14)