Obat Ilegal Beredar di Klinik Kebaikan

DIREKTORAT Tindak Pidana (Dirtipid) Narkoba Bareskrim Polri pusat menyelidiki dugaan adanya produksi obat ilegal yang di edarkan menggunakan klinik kecantikan. Direktur Tipid Narkoba Bareskrim Brigjen Krisno Siregar menyuarakan seorang dokter berinisial IA diperiksa karena banyak korban yang melaporkan kasus praktik penggunaan obat gelap.

Krisno mengatakan penyidik sudah membawa contoh obat racikan dokter IA untuk diperiksa di laboratorium Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM). “Kami sudah minta keterangan daripada Badan POM, termasuk barang tanda. Kalau sudah keluar hasil lab, baru periksa ahli, ” ucap Krisno, kemarin.

Dalam pemeriksaan, terang tempat, IA yang ditetapkan sebagai tersangka diketahui melakukan praktik di suatu klinik kecantikan yang dikelolanya pada wilayah Kota Tangerang. IA mencampur obat tersebut dengan bahan kimia atau obat lain sesuai racikannya.

“Obat impor memiliki izin di negaranya. Beberapa obat racikannya juga punya izin, tetapi ketika ia memadukan ini menjadi obat baru serta belum memiliki izin kelayakan daripada Badan POM, ” pungkasnya. (Ykb/J-2)