DKI Kembali Perpanjang PSBB, Layanan Kesehatan tubuh Ditingkatkan

PEMERINTAH Daerah (Pemprov) DKI Jakarta kembali memperpanjang masa pembatasan sosial Berskala Tumbuh (PSBB) Transisi Fase 1. Secara ini, masa PSBB Transisi Periode 1 yang sudah berlangsung semenjak 5 Juni lalu sudah diperpanjang sebanyak lima kali dan dijadwalkan berakhir pada 10 September mendatang.

Di dalam masa perpanjangan ini, Pemprov DKI Jakarta memastikan akan meningkatkan karakter layanan kesehatan agar lebih sempurna dalam melayani masyarakat di sedang kondisi wabah covid-19.

“Gubernur secara berkala memimpin rapat satgas covid pada DKI Jakarta bersama Forkopimda di Jakarta bersama unit instansi-instansi terkait. Kami memutuskan ke depan kita memperpanjang dua minggu ke depan dan InsyaAllah berbagai kebijakan awak ambil di antaranya meningkatkan nilai petugas kesehatan jumlahnya, kualitasnya sarana prasarana laboratorium, RS, logistiknya pendukungnya semua, ” kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria yang akrab disapa Ariza, Jumat (28/8).

Dalam meningkatkan kualitas layanan kesehatan itu, Pemprov DKI Jakarta selalu turut menambah tenaga kesehatan dengan melakukan rekrutmen tenaga kontrak khusus untuk penanganan covid-19.

“Bahkan tenaga profesional juga kami tambah kami menggalakkan kemudian aparat kami tambah, awak tingkatkan kami sebar, kami latih, ” kata Ariza.

Setiap SKPD juga membentuk gugus tugas internal atau kader internal untuk penanganan covid-19.

Tidak hanya itu, jajaran RT serta RW juga diminta untuk menyosialisasikan agar tiap rumah memiliki bakal penanganan covid-19.

“Termasuk kami minta pada setiap rumah agar ditunjuk utama orang sebagai kader covid. Orang yang bertugas memastikan anggota tanggungan melaksanakan protokol covid, menjaga kesehatan menjaga kebersihan, berjemur, makan sehat bergizi dan sebagainya, menjaga jangka memakai masker. Kalau setiap rumah bahkan unit terkecil di lingkungan kita bisa patuh taat & disiplin insyaAllah ke depan tak hanya berkurang penyebarannya tapi kita bisa memutus mata rantai penyebaran covid, ” paparnya. (OL-13)

Baca Serupa: Galang Dana Untuk Pekerja Halus, MSI Gelar Ludruk Daring