Daerah Quebec Kanada pada Level Payah Covid-19

GELOMBANG ke-2 covid-19 di Kanada tengah mangancam untuk melampaui jumlah rata-rata kejadian harian baru dari puncak pagebluk Mei dengan situasi di Provinsi Quebec yang paling terpukul menyentuh titik kritis.

“Situasinya kritis di Quebec, ” kata perdana menteri provinsi itu, Francois Legault. Otoritas setempat, Kamis (1/10),   melaporkan 16 kematian baru dalam beberapa hari terakhir.     Angka tersebut menjadi yang tidak tertandingi sejak akhir gelombang pertama epidemi dalam akhir Juni. “Bila dibandingkan dengan pertengahan Agustus, kami beralih lantaran 50 kasus baru per hari menjadi 900 per hari, sebab seratus rawat inap menjadi 275, ” katanya tentang provinsi yang  berpenduduk 8 juta orang.

Di segenap Kanada, negara dengan 38 juta, jumlah kasus harian terus meningkat menjadi rerata 1. 572 selama seminggu terakhir bila dibandingkan secara rerata tujuh hari puncak satu. 797 kasus harian pada pembukaan pandemi.

Sekitar 80% dari kasus itu telah dilaporkan oleh Quebec & Ontario, yang juga mencatat penambahan dalam rawat inap. Ontario, dengan populasi hampir 15 juta, melaporkan  538 kasus baru dan 3 kematian baru pada Kamis.

“Data pemodelan kemarin ialah peringatan, ” sirih Perdana Menteri On tario Doug Ford dengan memperkirakan kasus anyar setiap hari di Oktober akan mencapai 1. 000.  

Pembatasan

Quebec telah memberlakukan balik pembatasan untuk mengurangi penyebaran covid-19 di Montreal dan Kota Quebec. Bar, restoran makan ma sundal, ruang konser, bioskop, dan  taman bacaan diminta tutup hingga akhir Oktober.

Penghuni juga dilarang memiliki tamu di rumah mereka dan pertemuan jemaah di luar ruangan secara positif dilarang.   “Saya memahami kalau langkahlangkah ini sulit bagi banyak orang. Ini mengurangi jumlah orang yang terinfeksi dan kematian, ” tambahnya.

Penghitungan covid-19 Kanada naik pada Kamis menjadi 160. 229 kasus, termasuk 9. 349 kematian. (Van/Hym/AFP/I-1)