Bima Arya: Warga Percaya Informasi Covid-19 dari Mulut Dokter

Bonus harian di Keluaran SDY 2020 – 2021.

WALIKOTA Bogor yang juga penyintas covid-19, Bima Arya Sugiarto penuh mendapatkan pertanyaan mengenai covid-19 lantaran masyarakat, setelah ia berhasil segar pada April 2020 lalu. Ia menyadari bahwa dirinya menjadi ‘orang yang terpilih’ dan menjadikan momentum itu untuk menyuarakan bahwa covid-19 itu nyata, bukan konspirasi. Pengalamannya sebagai pasien covid-19 pun dituangkan dalam sebuah buku.

“Waktu itu semacam ada shock terapi, masyarakat mikir walikotanya bisa kena, sepi dan sebagainya. Jadi momentum itu saya koordinasi untuk mengingatkan warga Bogor bahwa Covid-19 itu nyata? ” tuturnya dalam diskusi bertajuk “Pandemi Belum Berakhir: Patuhi Protokol Kesehatan! ” di Media Center Graha BNPB, Jakarta, Jumat (4/12).

Apa yang berlaku kemudian setelah Bima sembuh? Umum kembali kebiasaan lamanya dan beberapa mempertanyakan status covid-19 yang diderita wali kota Bogor tersebut.

“Setelah segar, mulailah ada orang nanya sejenis ini, Kang waktu itu bener kecil? maksudnya apa? banyak yang membenarkan bahwa Walikota pura-pura aja atau settingan gitu, ” terangnya.

Berkaca lantaran hal itu juga, kata Bima, pihaknya juga melakukan survei dan hasilnya ada 19% dari Awak Bogor yang percaya bahwa covid-19 itu teori konspirasi. Sebanyak 29% percaya Covid-19 nyata dan sisanya sebanyak 50% antara percaya dan tidak.

“Ketika kami tanya, Anda memutar percaya kalau informasi Covid-19 pada siapa? Pertama, dokter, dua tipu agama, ketiga pejabat nomor 4 baru artis. Jadi, ada model komunikasi harus selalu kita perbaiki, ” terangnya.

Oleh karena, pihaknya akan memadukan antara ketegasan dan beri sayang. Upaya itu dinilai berkecukupan untuk mengedukasi masyarakat dalam mencengah penyebaran Covid-19.

“Ngegas terus nggak jadi tapi membiarkan, terlalu sayang pula kita lemah, karena itu dalam Bogor kita yakin sekali semuanya didasarkan pada edukasi. Ngak barangkali loh kita minta ini menimbulkan itu tanpa kita berikan les, ” pungkasnya. (H-2)