Berbagi Takjil, Mahasiswa Nusantara Menebar Pesan Kerukunan

Dapatkan promo member baru Pengeluaran SDY 2020 – 2021.

ADA tinjauan yang tak biasa di Simpang 4 Kotabaru, Praja Yogyakarta, pada Minggu (18/4) sekitar pukul 16. 30 WIB. Sekelompok anak bujang dengan berbagai pakaian kebiasaan terlihat membagi-bagikan takjil kepada pengguna jalan.

Sambil membagikan takjil, sepasang muda-mudi menari dengan diiringi musik tradisional Kalimantan Barat. Mereka berdua bergerak dengan anggun. Tidak jarang, pengguna jalan pula mengabadikan tarian tersebut secara ponsel mereka.

Takjil dan masker yang dibagikan adalah donasi dari tiap pondok mahasiswa, yaitu Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sambas, Riau, Kepulauan Banggai, Papua, dan Yogyakarta.

“Takjil yang dibagikan sebanyak 300  pax   dan masker 300  pieces , ” ujar koordinator jadwal, Altingia.

Ia menyampaikan, kesibukan tersebut bertajuk Ngabuburit bareng Mahasiswa Nusantara yang menampakkan tarian, pakaian, dan musik dari daerah-daerah. “Para mahasiswa coba mengenalkan budaya Nusantara kepada masyarakat sekaligus membawa pesan damai dan kesepakatan, terlebih di Ramadan. ”

Perwakilan dari Kalimantan Barat, Adi Kores, menegaskan perbedaan budaya bukanlah menjadi kendala untuk bersatu. Justru memperlawankan itulah yang membuat negara ini semakin kuat. “Itu harus dimulai dari mahasiswa, ” serunya. (AT/H-2)