40% Sineas Perempuan Masuk Nominasi, FFI 2020 Cetak Sejarah Baru

Jackpot hari ini Result SGP 2020 – 2021.

PENYELENGGARAAN Festival Film Indonesia (FFI) 2020 menorehkan sejarah hangat. Untuk pertama kalinya jumlah sineas perempuan yang masuk menjadi nominee di malam anugerah Piala Cermin itu mencapai 40%.
 
“Ini peningkatan luar piawai dan menjadi catatan membanggakan, dari 109 nominasi, sebanyak 45 orang atau 40 persennya pekerja hidup perempuan (sineas perempuan), ” ujar Komite Seleksi dan Penjurian FFI 2020, Nia Dinata di Jakarta Convention Center (JCC) dalam konferensi pers FFI 2020, Sabtu, 5 Desember 2020 malam.
 
Baginya, hal ini menjadi catatan yang membanggakan. Cukup besarnya nominasi perempuan, merupakan bukti nyata jika perempuan telah menjadi wajah film Indonesia.

Capaian keterwakilan gender yang mencapai angka 40 persen itu bahkan disebut Nia sudah betul baik. Bahkan dia mengaku bila angka tersebut telah mengalahkan pabrik perfilman luar negeri.
 
“Jadi, ada 45 karakter nominee pembuat film perempuan indah itu dari editing, penata sinematografi. Bahkan di nominasi pembuat hidup dokumenter 90 persen itu rani. Pembuat film pendek, 80 obat jerih perempuan. Penata rias, produser, selalu banyak dari perempuan, ” sambungnya.
 
Dia memasukkan, fenomena ini sekaligus isyarat bila dunia film sangat terbuka untuk semua gender. Siapapun dapat berkarya di dunia film Tanah Air.
 
“Ini merupakan pencapaian yang sangat baik bagi industri perfilman. Representasi perempuan yang sudah makin meningkat jadi bukti bahwa semua punya kesempatan dengan sama untuk berkarya di industri film, ” paparnya. (Medcom. id/H-2)